Inventing A Millionaire - Bab 283 Nasihat

Perusahaan ini bisa membuat perusahaan yang memasuki bursa saham mengalami kerugian besar. Saat awal-awal memasuki bursa mungkin tampaknya tak ada masalah, tapi begitu muncul masalah, perusahaan akan hancur.

Robert Huo sudah pernah menghadapi Hongda Capital dan mengetahui kelicikan perusahaan ini. Baginya, tak peduli apakah perusahaan cabang Ji’s Corp ingin memasuki bursa saham secara terpisah dari perusahaan utama atau tidak,sebaiknya mereka tidak berurusan dengan Hongda Capital.

Jika tidak, mereka akan hancur!

Tapi Robert Huo tak mengatakannya di depan mereka, lagipula Charles Ji juga takkan mengindahkan perkataannya.

Leonard Gao dan Robert Huo saling berjabat tangan, dengan ramah Leonard Gao berkata, “Aku sudah sering mendengar tentang Asisten Li, tak kusangka anda masih begitu muda, sungguh luar biasa! Kudengar hubungan anda dengan CEO Miao dan kawan-kawan cukup dekat, jika ada kesempatan, tolong perkenalkan aku dengan CEO Miao, aku sudah lama mengagumi CEO Seiko Enterprise itu.”

CEO Miao yang dimaksudnya tentu adalah Joel Miao.

Joel Miao memimpin Seiko Enterprise yang tak ada tandingannya di negara ini. Meskipun jarang menimbulkan sensasi besar, tapi dalam hal kualitas ia tak ada tandingannya, dan ia memiliki sangat banyak pelanggan setia.

Tujuan utama Leonard Gao tentu saja bukan Joel Miao, karena perusahaan Joel Miao telah memasuki bursa saham sejak dulu, dengan nilai aset lebih dari 20 juta RMB.

Tujuannya tentu saja para pemilik perusahaan yang bekerjasama dengan Joel Miao.

Jangan anggap remeh beberapa dari mereka baru mencapai nilai aset ratusan ribu, beberapa baru sejuta lebih sedikit, tapi bagaimana jika mereka ingin go public?

Hongda Capital paling ingin menjalin hubungan dengan orang-orang seperti ini.

Mudah ditipu, akan menurut pada mereka, dan tak bisa melawan. Jika ia beruntung bisa mendapatkan beberapa perusahaan baru yang potensial, setelah bersandiwara sejenak, ia bisa menjual rahasia mereka dengan harga puluhan kali lipat.

Robert Huo tersenyum dan berkata, “Aku tak terlalu dekat dengan CEO Miao, sepertinya aku tak bisa banyak membantu.”

Banyak orang telah mengetahui hubungan dekat Robert Huo dengan Yacob Zhao.

Apalagi para petinggi Hongda Capital seperti Leonard Gao.

Charles Ji hanyalah wakil GM di perusahaan cabang Ji’s Corp, meskipun ia adalah keturunan langsung Keluarga Ji, Leonard Gao sama sekali tak mengindahkannya.

Hanya seorang wakil GM sebuah perusahaan cabang, tak ada artinya!

Lagipula Ji’s Corp adalah perusahaan keluarga, terlalu banyak nahkoda, dan kemungkinan untuk memasuki listing sangat kecil, ia hanya akan menempati ranking yang rendah di Hongda Capital.

Apalagi perusahaan cabangnya.

Belum pernah terjadi sebuah perusahaan cabang memutuskan untuk memasuki bursa secara mandiri. Bahkan meskipun Hongda Capital bersedia membantu, apakah perusahaan utama Ji’s Corp akan menyetujuinya?

Setelah mempertimbangkan dalam-dalam, akhirnya Leonard Gao setuju untuk menemui Charles Ji.

Tujuan utamanya adalah untuk bertemu dengan Robert Huo dan menggunakan koneksinya untuk menjalin hubungan dengan rekan-rekan Joel Miao.

Di sisi lain, Charles Ji tampak sangat ingin memasuki bursa saham, begitu terburu-buru, begitu melihatnya langsung tampak betapa bodohnya ia.

Jika tidak menipu orang bodoh seperti ini, siapa lagi?

Dan proses kapitalisasi sejak dulu memang tidak dijamin 100% akan berhasil. Sesekali gagal sangatlah wajar, siapa suruh kau yang hanya perusahaan cabang berusaha memasuki listing?

Tapi, Robert Huo menolak permintaan yang menjadi tujuan utama Leonard Gao.

Tidak dekat bagaimana?

Semua orang tahu Robert Huo mengenal Joel Miao dari Profesor Yacob Zhao, Joel Miao dan kawan-kawannya juga sering menyebut tentang adik kelasnya ini di depan publik.

Hubungan seperti ini, kau bilang tidak dekat?

Leonard Gao tidak bodoh, ia tahu Robert Huo tak ingin membantunya. Ia bahkan tak berusaha mencari alasan yang lebih baik untuk menolak.

Penolakan yang terus terang ini membuat Leonard Gao merasa direndahkan. Dalam hati ia merasa sangat jengkel pada Robert Huo.

Ia hanya beruntung menjadi terkenal berkat hubungannya dengan Yacob Zhao,bukan karena kehebatannya sendiri.

Biasalah anak muda, lupa daratan.

Melihat ekspresi Leonard Gao tampak canggung dan jengkel, Charles Ji segera menengahi, “Asisten Li tak bermaksud demikian, ia belum terbiasa dengan jabatannya, dan ia agak tak tahu malu dan suka asal bicara. Tak perlu dibahas lagi, kita bahas masalah utamanya dulu! Li, aku mengatur pertemuan dengan CEO Gao, tak lain dan tak bukan adalah untuk merencanakan proses listing perusahaan cabang kita untuk memasuki bursa saham...”

“Kau terlalu terburu-buru. Kita belum layak untuk masuk listing. Kita harus menunggu setidaknya 2 tahun lagi,” Robert Huo segera memotong pembicaraan Charles Ji.

Charles Ji tak mengindahkannya dan lanjut berkata, “Kau tak mengerti, pangsa pasar perusahaan cabang kita sangat tinggi, jika Hongda Capital bisa...”

“Pangsa pasar yang tinggi tak mengartikan kita sudah layak untuk masuk listing, ini dua hal yang berbeda,” lagi-lagi Robert Huo memotong perkataan Charles Ji.

Charles Ji menjadi jengkel dan berkata, “Dua hal yang berbeda bagaimana? Selama Hongda Capital bisa membantu menaikkan nilai aset kita, kita bisa go public, dan setelah melalui beberapa proses, kita sudah bisa mendapatkan uang dari penjualan saham. Setelah itu kita akan mendapatkan dukungan finansial yang besar, kita bisa melakukan apa saja yang kita inginkan dengan mudah.”

“Memang syarat memasuki IPO adalah 1 miliar, tapi ini tak berarti kau bisa memasuki bursa saham. Bahkan meski kau bisa memasukinya, kau hanyalah seperti domba yang menunggu untuk disembelih. Dalam bursa ini banyak serigala dan harimau kelaparan yang mengintaimu. Jika perusahaan kecil sepertimu memasuki bursa saham, ini sama saja menyerahkan uangmu pada orang lain,” tiba-tiba Timmy Wang menimpali.

Ia tahu Robert Huo tak setuju untuk menaikkan nilai aset seperti ini, maka ia ikut menimpali untuk mendukung masternya.

Siapa sangka, bukannya mendengarkan nasihatnya, Charles Ji menatapnya dengan ketus dan berkata, “Memangnya siapa kau, berani asal bicara seperti itu! Bursa saham diawasi oleh China Banking Regulatory Comission, kita harus bertindak sesuai aturan. Mana mungkin orang lain mencuri uang kita? Kau tampak sangat muda, sepertinya baru lulus kuliah? Baru berapa lama kau mengamati saham? Jangan kira setelah berkecimpung di bursa saham selama beberapa tahun, kau telah menjadi penguasa bursa saham, kau masih harus banyak belajar!”

Leonard Gao juga menimpali, “Perkataan CEO Ji benar, ada banyak celah di bursa saham. Jangankan pria muda sepertimu, bahkan aku saja kadang masih membuat kesalahan.”

Timmy Wang hanya terkikik dan tak membalas.

Ia adalah pemain kawakan di bursa saham, ia bisa melakukan apapun, kedua orang inilah yang tak mengerti apa-apa, tapi mereka bilang ia yang tak mengerti?

Usia muda tak berarti ia tak berpengalaman.

Jika Robert Huo yang berkata seperti ini, mungkin ia akan terima, tapi memangnya siapa Charles Ji dan Leonard Gao? Dari mana mereka berhak mencemoohnya?

Bagi para perusahaan menengah, Hongda Capital adalah sebuah perusahaan kawakan dalam bursa saham, tapi bagi Timmy Wang, mereka hanya seperti gerombolan semut di dalam lubang.

Dengan sejumlah air, kau bisa dengan mudah menghanyutkan mereka.

Archimedes bisa mengangkat benda seberat Bumi hanya dengan satu tongkat, dalam bursa saham, uang ratusan juta sudah cukup untuk melakukan banyak hal.

Tentu saja, bisa melakukannya tak berarti boleh melakukannya.

Jika Timmy Wang berani memanipulasi saham untuk menghancurkan sebuah perusahaan, ia pasti akan menjadi buronan, terutama oleh China Banking Regulatory Comission.

Melihat Timmy Wang tak membalas, Leonard Gao menoleh ke arah Robert Huo dan berkata, “Asisten Li, aku tak tahu siapakah pria muda yang kau bawa ini, mungkin bawahanmu atau temanmu. Tapi jelas ia tak terlalu memahami tentang bursa saham, tapi kau pasti tahu, go public adalah tujuan utama banyak perusahaan dan adalah hal yang sangat menguntungkan. Kami, Hongda Capital, telah sukses membantu belasan perusahaan melakukan proses IPO dan mencapai hasil yang luar biasa. Jika perusahaan cabang Ji’s Corp setuju untuk bekerjasama, masuk listing bukanlah hal yang mustahil.”

Robert Huo tak mengacuhkan Leonard Gao, ia malah bertanya pada Charles Ji, “Sudahkah kau bicarakan hal ini pada CEO Ji?”

“Sudah, tapi ia bilang perusahaan ini masih baru, semuanya belum stabil, ia tak ingin mempedulikan tentang listing dan sebagainya. Aku tak bisa membujuknya, maka aku berusaha membujukmu. Kau orang yang berpandangan luas, kau pasti lebih memahaminya daripada dia,” kata Charles Ji, “Dan aku telah berdiskusi dengan CEO Gao, Hongda Capital memperkirakan biaya untuk proses IPO akan berjumlah sekitar 800 juta RMB, dan mereka hanya akan menarik komisi 8%. Dan suku bunga modal hanya 15%, bayangkan betapa banyaknya uang yang bisa kita hemat! Tak tahukah kau, banyak perusahaan lain dikenakan 30% untuk proses IPO, kita hanya 23%!”

Dalam hati Robert Huo mendesah, pantas saja Charles Ji selalu berada di bawah Nova Ji dan tak bisa mengalahkannya.

Dengan pemikiran seperti ini, ia pasti akan terus ditekan oleh orang lain.

Novel Terkait

Angin Selatan Mewujudkan Impianku

Angin Selatan Mewujudkan Impianku

Jiang Muyan
Percintaan
2 tahun yang lalu
PRIA SIMPANAN NYONYA CEO

PRIA SIMPANAN NYONYA CEO

Chantie Lee
Balas Dendam
2 tahun yang lalu
I'm Rich Man

I'm Rich Man

Hartanto
Merayu Gadis
2 tahun yang lalu
Cinta Yang Dalam

Cinta Yang Dalam

Kim Yongyi
Pernikahan
2 tahun yang lalu
Wonderful Son-in-Law

Wonderful Son-in-Law

Edrick
Menantu
2 tahun yang lalu
 Istri Pengkhianat

Istri Pengkhianat

Subardi
18+
2 tahun yang lalu
The Great Guy

The Great Guy

Vivi Huang
Perkotaan
2 tahun yang lalu
Cinta Tapi Diam-Diam

Cinta Tapi Diam-Diam

Rossie
Cerpen
3 tahun yang lalu