Inventing A Millionaire - Bab 81 Pencemaran Nama Baik

Howard Xia juga terlihat sedang menunggu jawabannya, Nova Ji adalah representative Dewan Perdagangan yang dia tetapkan secara pribadi, jika memang ada masalah dalam permasalahan pengecekan aset, maka dia harus bertanggung jawab.

Walaupun Dewan Perdagangan adalah organisasi sipil, dimana tidak ada pertanggung jawaban pidana, namun hal ini tentu saja cukup memperkeruh reputasinya.

Hati Nova Ji berdebar semakin kencang, dia tahu jelas bahwa ini adalah rintangan pertama yang dia hadapi setelah bergabung dengan Dewan Perdagangan.

Jika dia tidak bisa melewatkan cobaan yang satu ini, semua kerja kerasnya yang sebelumnya, termasuk proposal strategi pengembangan yang sudah dia hasilkan setelah menahan tidurnya selama bermalam-malam akan sia-sia begitu saja.

Namun dia tidak tahu harus bagaimana menjawabnya, Leon Sang terlihat jelas sudah mendapatkan kabar dari anggota internal perusahaan, sekalipun dirinya memutuskan untuk berbohong, dia juga akan mengalami kesulitan menghadapinya.

Namun, jika dia tidak berbohong, maka akhirnya sudah ditentukan.

Ketika melihat Nova Ji yang terus terdiam, ekspresi Howard Xia pun menegang, pada saat yang bersamaan juga merasa sedikit kecewa.

Alasan utamanya menetapkan Nova Ji sebagai representatif Dewan Perdagangan adalah karena Robert Huo yang memberikan saran kepadanya. Dalam waktu belasan hingga dua puluh tahun kedepan, keluarga inti Ji mungkin saja digantikan oleh keluarga cabang dan Nova Ji adalah salah satu orang yang paling berbakat di dalam keluarga cabang!

Namun kenyataannya kini membuktikan bahwa dia sudah salah menilai.

Mungkin aka nada suatu hari dimana keluarga inti akan digantikan oleh keluarga cabang, namun Nova Ji bukanlah orang yang dia harapkan.

Ruangan pertemuan itu dipenuhi oleh suara diskusi para bos besar perusahaan yang datang dari berbagai tempat di seluruh penjuru provinsi, mereka awalnya sudah merasa sedikit ragu terhadap GM wanita yang cantik ini, kini pun merasa lebih lagi.

Banyak sekali orang yang bahkan melirik ke arah Howard Xia, mereka benar-benar meraguka apakah wakil ketua ini mempunyai hubungan yang misterius dengan wanita ini atau tidak.

“GM Ji, mengapa kamu terdiam? Benar diam itu adalahemas, namun diam juga berarti tidak mengelak, menurutmu, penjelasan mana yang seharusnya kita terima?” Tanya Leon Sang sambil tertawa.

Nova Ji mengepal erat tangannya, dia tahu jelas bahwa dia pasti akan sangat sulit melewati rintangan ini jika dia terus terdiam.

Dia membuka mulutnya, pada saat baru saja ingin mencari alasan, sebuah bayangan tiba-tiba muncul di sisinya.

Aroma yang sangat akrab itu membuatnya memalingkan kepalanya, lalu melihat tubuh Robert Huo yang sangat tegak itu.

Pada saat itulah detakan jantung Nova Ji menenag.

Tubuh Robert Huo menebarkan aroma yang menenangkannya, seakan-akan tidak ada satupun hal yang dapat menghalanginya.

“Apa yang CEO Sang katakan itu memang benar, aset serta bisnis utama perusahaan cabang keluarga Ji memang ditarik oleh perusahaan pusat satu tahun yang lalu,”ucap Robert Huo.

Nova Ji tercengang, Howard Xia juga ikut terkejut, mereka mengira bahwa Robert Huo mungkin akan memikirkan cara untuk berdebat atau menyembunyikannya, siapa yan menyangka bahwa dia akan mengakuinya.

Nova Ji pun tiba-tiba ingin berbicara, namun mencoba untuk menekan desakan dalam hatinya itu.

Karena dia tahu bahwa Robert Huo bukannya sembarangan mengakui hal ini.

Tidak peduli apapun yang dia katakan ataupun lakukan, semua itu tetap saja tidak mungkin lebih baik dibandingkan dengannya, mengapa dia tidak berdiam dan melihatnya bagaimana membalikkan keadaannya saja?

Betul sekali, menurut Nova Ji, Robert Huo adalah kata lain dari keajaiban.

Semua peristiwa mematikan yang sudah membuatnya putus asa selalu saja berbalik arah oleh karena pria yang satu ini, dia kini hanya bisa menaruh semua harapannya kepada dirinya lagi.

Walaupun Leon Sang merasa sedikit terkejut, namun dia tidak terlalu menghiraukannya, dia hanya tersenyum dan berkata,”Aku tidak menyangka kamu yang merupakan seorang sekretaris ini bahkan lebih jujur dibandingkan GM Ji, bagus, bagus.”

“GM Ji, mengenai permasalahan ini, kamu harus......” Terdengar suara Howard Xia.

Nova Ji berpaling dan melihat bahwa eksrpesi Raja Buah itu sangat tidak nyaman.

Sikap Robert Huo yang langsung mengakuinya itu tentu saja menghalangi semua jalannya untuk berbalik arah, sekalipun Howard Xia ingin menggunakan kegengsian wakil ketua untuk membantunya, semuanya kini sudah tidak memungkinkan lagi.

Pada saat Bruce Huang dan Leon Sang sebelumnya memotong ucapannya, Howard Xia sudah merasa sangat tidak enak. Namun Robert Huo kini juga melakukan hal yang serupa, tetapi dia tidak merasa terlalu kesal.

Sambil menatap tajam pemuda yang sangat dia kagumi ini, Howard Xia pun mencoba untuk menahan dirinya dan berkata dengan nada rendah,”Silahkan lanjutkan.”

Robert Huo menatap ke arah Oscar Kang dan Howard Xia, lalu berbicara dengan suara yang nyaring,”Para sosok petinggi dari segala jenis usaha, setelah bisnis kalian berkembang menjadi sangat besar, perusahaan yang berada di bawah usaha kalian tidak hanya satu.”

Leon Sang tersenyum aneh dan berkata,”Sudahlah, apakah kamu mengira menyanjung kami saat ini masih akan berguna? Rapikan semua barang kalian dan pergi!”

Robert Huo langsung mengabaikan pria itu dan lanjut berkata,”Semuanya seharusnya memahami satu hal, mengapa perusahaan cabang dan anak perusahaan masih saja dibentuk jika perusahaan pusat jelas-jelas berjalan dengan sangat baik? Alasannya sangatlah sederhana, organisme satu sel sangatlah sederhana, dia hany perlu menyelesaikan satu tugas saja. Namun jika dibandingkan dengan tubuh manusia yang rumit, maka hanya menyelesaikan satu tugas sepertinya tidak akan cukup. Jadi, perusahaan pusat itu sama seperti otak pada tubuh manusia. Kita membangun anak perusahaan, dengan peran yang sama seperti lengan, kaki, serta organ tubuh. Setiap lengan, kaki, ataupun organ harus diatur dengan sempurna melalui otak. Dengan demikian, manusia dapat hidup lebih baik. Jadi, banyak sekali orang yang akan berlari untuk melatih otot kaki, ada orang yang mungkin akan menekan diri untuk melatih otot bisepnya. Sebagai pengusaha, kita tentu saja berharap untuk mengembangkan anak perusahaan secara beragam. Jadi, tidak peduli seberapa baikpun pencapaian anak perusahaan, semuanya selalu saja dilakukan demi kepentingan keuntungan perusahaan kantor pusat.”

Robert Huo tertegun sejenak, lalu lanjut berkata,”Alasan aset dan bisnis utama dari perusahaan cabang keluarga Ji kami diambil alih oleh perusahaan pusat adalah karena pencapaian yang sudah terlalu bagus, sudah melebihi tingkat perkembangan perusahaan cabang pada umumnya. Pada situasi seperti ini, GM Ji berinisiatif untuk memindahkan aset kepada pihak perusahaan pusat, lalu menugaskan pekerja yang ahli untuk meningkatkan rencana pengembangan. Perusahaan kami akan terus mengembangkan laba di bidang lain melalui rencana strategi pengembangan. Aku hanyalah seorang sekretaris. Aku mungkin tidak terlalu paham terhadap urusan para petinggi perusahaan, namun aku ingin bertanya, apakah mungkin pemindahan keuntungan dari perusahaan cabang ke perusahaan pusat itu adalah bentuk pembuktian bahwa perusahaan cabang masih kurang hebat? Sepertinya ini adalah sebuah logika yang kurang masuk akal.”

Robert Huo berbicara dengan sangat jelas. Dia juga menjelaskan urutan logikanya dengan sangat mendetail supaya semua orang dapat langsung memahaminya ketika mendengarnya.

Tidak sedikit orang yang diam-diam menganggukan kepala mereka, perusahaan cabang itu meman dibentuk untuk mengembangkan perusahaan pusat menjadi lebih baik lagi, pada saat keuntungan yang didatangkan sudah cukup, mengambil alih kembali adalah hal yang sangat normal.

Diantara semua orang yang hadir, bukannya tidak ada orang yang tidak pernah melakukan hal yang serupa sebelumnya.

Tatapan Howard Xia langsung bergemilang ketika mendengarnya, pada saat dia hendak berbicara, Leon Sang langsung membanting meja dan beranjak berdiri, lalu berkata,”Omong kosong! Aset kalian jelas-jelas dipindahkan. Hal ini mengakibatkan kemunduran dari kekuatan kalian, namun kalian masih saja bersikeras berkata bahwa semua ini adalah hasil koordinasi untuk pengembangan kantor pusat!”

Robert Huo akhirnya menatap ke arah Leon Sang, nada bicaranya tetap terdengar tenang, dia kemudian berkata,”CEO Sang, aku benar-benar sangat menghormatimu, namun aku ingin mengajukan sebuah pertanyaan. Perusahaan cabang keluarga Ji ini bukanlah sebuah perusahaan terbuka, kita bahkan tidak perlu mengumumkan laporan tahunan ataupun triwulanan kepada pihak publik. Semua dokumen yang bersangkutan dengan aset, masukkan, keuntunan dan yang lainnya tergolong sebagai rahasia perusahaan. Jika kamu memang sangat memahami isi dari dokumen-dokumen ini, bukankah kamu sudah melanggar hukum yang bersangkutan dengan bisnis? Jika dibicarakan lebih tegas lagi, bukankah ini sudah menyinggung pelanggaran hukum bisnis?”

Di bawah masyarakat yang dikuasai hukum, semua orang tentu saja semakin menghormati hukum seiring dengan berjalannya waktu.

Leon Sang berani tidak menghargai Howard Xia, namun tidak berani menanggung kesalahannya sendiri, dia hanya berbicara dengan penuh rasa kesal,”Bagaimana aku mungkin melakukan pelanggaran hukum bisnis, jangan sembarangan berbicara!”

“Kalau begitu, bagaimana kamu bisa memastikan bahwa aku sembarangan berbicara? Apakah kamu hanya akan beragntung kepada semua yang temanmu ucapkan itu? Kalau begitu, apakah kamu bisa mengundang temanmu untuk menghadap kepadaku?” Tanya Robert Huo.

“Kamu, dia......” Leon Sang tertergun, bagaimana dia mungkin bisa mengundang orang yang menyampaikan rahasia ini kepadanya, bukankah hal itu hanya akan meyinggungnya saja.

Robert Huo tersenyum dan berkata,”Jika tidak bisa menghadap, ucapan dari mulutmu itu sudah membuat orang lain merasa yakin bahwa kekuatan perusahaan cabang keluarga Ji mengalami kemunduran. Kalau begitu, apakah kami boleh meminta Departemen Hukum perusahaan kami untuk menggugatmu atas pencemaran nama baik? Karena sikapmu ini mungkin saja mengakibatkan perusahaan cabang keluarga Ji mengalami kehilangan sumber daya dari Dewan Perdagangan, bahkan mengakibatkan kerugian terhadap perusahaan yang tidak dapat diukur jumlahnya. Berdasarkan Hukum Kriminal nomor 221 dan nomor 223, ketika gugatan ini dimenangkan, kamu mungkin sekali akan dijatuhkan hukuman penjara selama maksimal dua tahun dan/atau denda tunai. Tentu saja, jika ada orang yang ingin mempercayai ucapan CEO Sang dan bersedia menanggung resikonya bersama-sama, maka tidak ada yang akan melarang.”

Novel Terkait

Mata Superman

Mata Superman

Brick
Dokter
2 tahun yang lalu
Suami Misterius

Suami Misterius

Laura
Paman
2 tahun yang lalu
Demanding Husband

Demanding Husband

Marshall
CEO
2 tahun yang lalu
Cinta Seorang CEO Arogan

Cinta Seorang CEO Arogan

Medelline
CEO
2 tahun yang lalu
Step by Step

Step by Step

Leks
Karir
2 tahun yang lalu
My Japanese Girlfriend

My Japanese Girlfriend

Keira
Percintaan
2 tahun yang lalu
Someday Unexpected Love

Someday Unexpected Love

Alexander
Pernikahan
2 tahun yang lalu
Nikah Tanpa Cinta

Nikah Tanpa Cinta

Laura Wang
Romantis
2 tahun yang lalu