Inventing A Millionaire - Bab 227 Kompeten dan Tangkas

Seorang pekerja lain, yang direkrut bersamaan dengan mereka berdua, tidak bisa menahan diri untuk tidak menengok. Menyadari tatapannya, Owen Ning memelototi dia: “Lihat apa kamu!”

Tahu bahwa Owen Ning adalah bawahan yang dinilai paling hebat oleh bos di antara mereka bertiga, juga tidak senang bersitegang dengan orang lain, pekerja itu menunduk tanpa suara.

Owen Ning emosi, namun tidak bisa melampiaskan amarahnya. Giginya bergeretak terus.

Sungguh tidak tahu diri!

Gelar tidak setinggi dirinya, esai tidak sebanyak dirinya……. Dengar-dengar, Robert Huo beberapa tahun terakhir juga hidup dengan mengandalkan istrinya. Kok berani-beraninya pria itu merendahkan rancangannya seperti tadi?

Kamu tahu apa tentang ekonomi pasar?

Kamu tahu apa tentang manajemen keuangan?

Kamu tahu apa tentang pengelolaan sumber daya manusia?

Kamu tidak tahu apa-apa, jadi apa kualifikasi dalam mengkritikku! Hanya gara-gara kamu sekarang bisa menghasilkan beberapa juta yuan dalam sebulan?

Itu murni karena keberuntungan. Dasar sialan!

Dalam sesaat, Owen Ning ingin melempar mouse-nya ke lantai dan bergegas pergi.

Tetapi, ia tidak jadi melakukannya. Ia menahan diri bukan karena tidak rela melepas pekerjaannya, melainkan hatinya masih memendam ambisi untuk menunjukkan Robert Huo apa itu talenta alami! Dia harus tahu, kritiknya barusan pada dirinya adalah kekeliruan besar!

Setelah ambisi ini terwujud, Owen Ning bisa pergi tanpa perasaan sedih sedikit pun. Saat dirinya pergi nanti, bos berpandangan sempitnya itu pasti akan menyesal!

Robert Huo bisa menyadari kemurkaan Owen Ning, juga secara samar-samar bisa mendengar makiannya pada Sisilia Jian.

Dengan kecewa, ia menggelengkan kepala.

Meski punya fondasi teori yang kokoh, Owen Ning memiliki kepribadian yang kelewat tidak sabaran. Andai bertemu orang ini pada waktu lain, Robert Huo mungkin masih bisa memberinya kesempatan. Ia bisa melatihnya di level akar rumput selama beberapa tahun demi pendewasaan. Tetapi, di waktu sekarang, ia tidak punya waktu untuk menunggu selama itu.

Lihat saja, merek imitasi sudah mulai bergerak, mana dirinya punya waktu untuk membantu bawahannya mengasah diri? Berhubung Owen Ning suka marah-marah, biarlah dia memberikan benjolan pada kepalanya seperti barusan.

Realitas akan mengajarinya bagaimana cara bekerja yang tepat.

Robert Huo bergegas membuka komputer yang khusus digunakan untuk Natalie Ning. Ia memasukkan kata sandi, kemudian mengamati laporan selama beberapa hari terakhir.

Volume penjualan harian, pertumbuhan laba, dan akuntansi biaya dicatat dan dirapikan oleh Owen Ning dan rekan-rekannya. Dalam laporan mereka, catatan perubahan berat badan peserta kegiatan dari seluruh penjuru negeri juga tercermin dengan jelas.

Semua jenis kata, angka, dan grafik yang ada di laporan bisa membuat orang pusing.

Namun bagi Robert Huo, data-data ini amatlah sederhana.

Menurut laporan tersebut, peningkatan keuntungan baru-baru ini terjadi dengan sangat cepat. Peningkatannya hampir dua kali lipat dibandingkan dua minggu lalu.

Dalam beberapa hari terakhir, volume penjualan harian menembus angka empat ratus lima puluh ribu yuan. Dengan tren ini, dalam dua atau tiga hari ke depan, angka seharusnya bisa tembus ke lima ratus ribu yuan!

Dalam data ini, peningkatan penjualan makanan diet bisa dikatakan sebagai pendorong kenaikan yang paling berpengaruh.

Seperti yang Robert Huo sebelumnya pertimbangkan, produk penurun berat badan dapat digunakan dalam waktu lama setelah membelinya satu kali, tetapi makanan diet perlu dimakan setiap hari. Produk jenis kedua bisa membuat konsumen jadi terikat pada mereka.

Jadi, bentuk promo semula adalah dengan membeli produk penurun berat badan dan menambah satu yuan, konsumen bisa mendapatkan makanan diet senilai sepuluh yuan.

Setiap hari, ada enam ribu orang memesan makanan diet. Jumlah mereka juga terus bertambah ratusan setiap harinya.

Terkait hubungan dengan perusahaan logistik, kerjasama mereka sangat sukses. Berkat penggunaan kereta ekspres dalam pengiriman, tingkat ketepatan waktu pengiriman produk mereka jauh melebihi pengiriman biasa. Dalam waktu maksimal dua belas jam, produk mereka bisa dikirimkan dari salah satu daerah di China ke seluruh daerah China yang lain.

Sejauh ini, jumlah pengajuan kompensasi karena keterlambatan waktu tiba produk amat sedikit.

Mungkin ini karena salah satu hasil negosiasi mereka dengan perusahaan logistik adalah pengajuan kompensasi yang disebabkan oleh terlambatnya pengiriman ditanggung oleh perusahaan logistik.

Meski besaran kompensasi tidak seberapa, namun perusahaan logistik tetap berusaha menghemat ketika bisa dihemat.

Akibat peningkatan pesat dalam kuantitas pesanan makanan diet, perusahaan logistik bahkan telah membentuk tim kecil dengan kantor pos di daerah-daerah untuk bekerjasama dalam pengiriman. Mereka ingin memastikan semua produk tiba sebelum melebihi batas waktu.

Ketika bernegosiasi, Natalie Ning juga sempat menambahkan poin perjanjian. Isinya, rasio pesanan yang terlambat tiba di tangan konsumen dalam sebulan tidak boleh melebihi nol koma lima persen dari total pesanan. Andai berlebih, perusahaan logistik harus memberi kompensasi dua ribu yuan untuk setiap pesanan.

Satu porsi makanan diet paling mahal hanya dua puluh yuan, namun harus dikompensasi dengan dua ribu yuan……

Robert Huo setuju dengan pengaturan persentase dan kompensasi ini, namun masih merasa besaran kompensasinya terlalu rendah.

Itu karena begitu pesanan terlambat tiba, yang pembeli akan keluhkan bukanlah perusahaan logsistik. Para pembeli akan langsung menuding bahwa toko Taobao merekalah yang tidak berpegang pada janji.

Sudah janji pesanan pasti tiba dalam dua belas jam, mengapa kamu tidak berkomitmen?

Tudingan-tudingan semacam ini pasti akan merusak nama baik dan reputasi perusahaan. Sementara itu, dua hal ini bukanlah sesuatu yang bisa dibangun dan dibesarkan dengan uang. Konsumen masa kini sangat manja, lalu tekanan persaingan bisnis sangat besar. Sekalinya kamu membuat seorang konsumen tidak senang, konsumen itu seumur hidup mungkin tidak akan membeli jualanmu lagi.

Jangankan seribu dua ribu yuan, sekali pun satu pesanan yang terlambat dikompensasi dengan sepuluh ribu hingga dua puluh ribu yuan, Robert Huo tidak menganggapnya cukup.

Di tengah pengamatannya, Natalie Ning datang dan bertanya, “Bagaimana? Oke tidak?”

“Lumayan, tapi segi biaya aku rasa masih bisa diturunkan. Dalam waktu dekat, coba kamu cari beberapa perusahaan industri makanan yang lumayan profesional dan ajak bernegosiasi. Pengeluaran kita untuk kotak makanan saat ini sangat besar, sebab kita membelinya dari penjual biasa. Jika bisa langsung memesan dari pabrik, pengeluaran ini seharusnya bisa diturunkan, tetapi jangan lupa kualitasnya harus tetap terjaga ya. Kualitas produk itu harus terus ditingkatkan, jangan sampai menurun. Terkait perusahaan penyedia staf, kamu perlu tegaskan ke mereka bahwa meski jumlah staf layanan konsumen kita bertambah, kita ingin proporsi gaji yang kita bayarkan bisa turun. Pada saat bersamaan kamu harus memastikan nominal gaji staf-staf itu tidak turun dari sebelumnya, jadi proporsi kita yang berkurang wajib dibebankan ke perusaahan mereka.”

“Aku sudah membicarakan ini dengan mereka kok. Jumlah staf layanan konsumen kita sekarang adalah seratus lima puluh orang. Kita membayar delapan puluh persen gaji, sementara sisa dua puluh persennya disubsidi oleh pihak mereka. Untuk memastikan nominal gaji para staf benar-benar tidak berkurang, kita bisa melakukan pemeriksaan acak setiap bulan.” Natalie Ning menanggapi.

Kedengarannya, kesepakatan ini agak konyol.

Mereka mengirimimu staf, tetapi kamu meminta mereka ikut membayarkan gajinya. Tidakkah ini lucu?

Andai hanya mengirim satu atau dua staf, bahkan sepuluh atau dua puluh staf, mungkin tidak akan ada perusaahan yang bersedia menyetujui kesepakatan ini.

Untungnya, Natalie Ning minta dikirimi seratus lima puluh staf!

Gaji rata-rata staf layanan konsumen saat ini adalah tujuh ribu yuan. Jika ada seratus lima puluh staf, mereka setiap bulan berarti harus keluar lebih dari satu juta yuan! Dalam setahun, nominal total bayaran mereka mencapai sepuluh juta yuan!

Perusahaan pemasok staf ini menarik sekitar tiga puluh persen dari gaji karyawannya. Dengan kata lain, dari tujuh ribu yuan yang Natalie Ning bayarkan per bulan pada setiap orang, masing-masing dari mereka sebenarnya hanya memperoleh pendapatan akhir sebesar lima ribu yuan.

Dengan kesepakatan baru berupa subsidi dua puluh persen, perusahaan pemasok staf kini hanya bisa menarik sebesar sepuluh persen.

Penurunan rasio sebesar dua pertiga ini terdengar sangat merugikan, bukan?

Tetapi, jangan lupa, meski hanya mengambil sepuluh persen, mereka dalam sebulan masih bisa dapat seratus ribu yuan lebih. Itu artinya, mereka dalam setahun masih sanggup beroleh satu juta yuan.

Yang terpenting, kegiatan promo saat ini belum benar-benar mencapai puncak.

Menurut perkiraan Robert Huo, pada masa puncak nanti, layanan konsumen butuh setidaknya tiga hingga empat ratus staf untuk memastikan semua terkendali.

Bagaimana pun juga, jumlah pembeli harian mereka mencapai angka beberapa ribu orang. Jika mereka hanya punya seratus staf layanan konsumen, maka setiap staf harus melayani lebih dari sepuluh orang secara bersamaan. Itu situasi yang sangat tidak ideal, lebih-lebih kurang manusiawi.

Dengan nantinya memasok tiga sampai empat ratus staf, perusahaan pemasok staf bisa memperoleh penghasilan bersih bulanan sebesar ratusan ribu yuan.

Untuk perusahaan layanan konsumen di mana pun, toko Taobao milik Robert Huo dan Natalie Ning ini adalah pelanggan yang sangat besar.

Dengan status mereka itu, wajarlah jika mereka sebisa mungkin berusaha memenuhi segala permintaan.

Jangankan jika Natalie Ning meminta subsidi dua puluh persen…… Jika besaran subsidinya lebih banyak sedikit dari itu, mereka rasa-rasanya masih akan setuju.

Mereka sendiri tidak perlu terlibat dalam operasional bisnisnya, jadi bisa berbaring sambil hitung pendapatan.

Perusahaan semacam ini mendapatkan staf secara daring. Dengan punya staf yang berjumlah ribuan hingga puluhan ribu orang, mana perlu mereka khawatir pendapatannya seret?

“Bagus kalau begitu. Kamu sekarang kelihatannya sudah lebih kompeten dan tangkas dari sebelumnya. Kemajuan yang mantap.” Robert Huo memuji Natalie Ning sembari tersenyum.

Si wanita tanpa segan mengecup pipinya, “Itu karena suamiku mengajariku dengan baik.”

Keberanian si istri membuat si suami tidak tahu harus berkata apa. Ia hanya bisa bilang: “Eh, ada orang di sekitar loh.”

“Aku tidak takut, buat apa takut.” Natalie Ning mendengus pelan, melingkarkan lengan di leher Robert Huo, dan berkata: “Aku suka menempel padamu seperti ini. Semoga kita bisa terus menempel seumur hidup. Tidak ada yang boleh dan bisa memisahkan kita!”

“Pengakuan cinta” yang tiba-tiba ini membuat Robert Huo terpana. Bisa merasakan kasih sayang si istri yang mendalam, ia tidak berusaha melawan lagi. Pria itu membiarkan Natalie Ning memeluknya dengan erat sambil menimpali: “Ya, tidak ada yang boleh dan bisa memisahkan kita!”

Di meja kerja, Sisilia Jian sembunyi-sembunyi menyaksikan adegan ini dengan iri.

Setelahnya, wanita itu melirik Owen Ning, yang menatap layar komputer dengan cemberut seolah tengah menatap musuh, dan menghela nafas.

Seberkas pikiran melintasi benak Sisilia Jian: “Jika bisa memiliki kekasih macam Tuan Huo, setiap detik dalam hidupku pasti terasa luar biasa.”

Novel Terkait

Get Back To You

Get Back To You

Lexy
Percintaan
2 tahun yang lalu
Angin Selatan Mewujudkan Impianku

Angin Selatan Mewujudkan Impianku

Jiang Muyan
Percintaan
2 tahun yang lalu
This Isn't Love

This Isn't Love

Yuyu
Romantis
2 tahun yang lalu
Lelaki Greget

Lelaki Greget

Rudy Gold
Pertikaian
2 tahun yang lalu
Harmless Lie

Harmless Lie

Baige
CEO
3 tahun yang lalu
Menantu Luar Biasa Bangkrut

Menantu Luar Biasa Bangkrut

Menantu
2 tahun yang lalu
Love And War

Love And War

Jane
Kisah Cinta
2 tahun yang lalu
Perjalanan Cintaku

Perjalanan Cintaku

Hans
Direktur
2 tahun yang lalu